PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 METRO PUSAT

Main Author: RIBUT WAHYUNI, 1413053107
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32264/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32264/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32264/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32264/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian ini adalah The non equivalent control group design dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, artinya terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat. Kata kunci: Hasil belajar, matematika, Student Team Achievement Division.