PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 PADANG CERMIN
Main Author: | SITI MARDIAN RAHAYU , 1413022063 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/32250/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/32250/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/32250/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/32250/ |
Daftar Isi:
- Bahan ajar sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran di sekolah atau di rumah. Salah satu bahan ajar yang dapat mendukung kegiatan pembelajaran yaitu modul pembelajaran konstektual berbasis multirepresentasi dimana modul pembelajaran ini akan membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan modul konstektual berbasis multirepresentasi pada pembelajaran Hukum Gravitasi Newton terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padang Cermin. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Padang Cermin mengunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, dengan kelas eksperimen yaitu kelas X MIPA 3 yang diberikan perlakuan menggunakan modul konstektual berbasis multirepresentasi, sedangkan kelas kontrol yaitu kelas X MIPA 4 menggunakan buku siswa dari sekolah. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan skor N-gain dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent T-Test. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. iii Siti Mardian Rahayu Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan modul konstektual berbasis multirepresentasi memiliki peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan rata-rata nilai N-gain pada kelas kontrol sebesar 0,35 dengan katagori rendah dan rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,64 dengan katagori sedang. Kata kunci: Hukum gravitasi newton, Hasil belajar, Modul kontekstual.