PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 3 Bunga Mayang T.P. 2017/2018)

Main Author: ANGGUN RAHMA DWIANI, 1413021008
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32213/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32213/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32213/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32213/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bunga Mayang tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 112 siswa dan terdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII D yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji hipoteis menggunakan uji-t diperoleh bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran TPS lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: pengaruh, representasi matematis, think pair share