PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SDN 2 BRANTI RAYA

Main Author: NUR ZANAH, 1413053088
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32203/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32203/17/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32203/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32203/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 2 Branti Raya yang disebabkan kurang maksimalnya penerapan model dan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 64 siswa. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Alat pengumpul data berupa soal pilihan jamak yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diketahui bahwa thitung = 3,733 > ttabel = 2,000 berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan media grafis terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 2 Branti Raya. Kata kunci: media grafis, PKn, think pair share.