PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 SUKAJADI

Main Author: OKY PRAYOGI, 1413053091
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32199/15/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32199/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32199/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32199/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sukajadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PKn peserta didik kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 42 Peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan lembar observasi. Analisis data uji statistik t-test pooled varians. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PKn peserta didik kelas V SD Negeri 1 Sukajadi. Kata kunci: pembelajaran CTL, hasil belajar , PKn