PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO UTARA

Main Author: MITA FEBRIANI, 1413053072
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32198/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32198/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32198/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32198/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif pada model cooperative learning tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 44,40 sedangkan rata-rata pretest kelas kontrol adalah 46,20. Nilai rata-rata posttestkelas eksperimen adalah 66,40 sedangkan kelas kontrol adalah 56,20. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung sebesar 2,394 sedangkan ttabel sebesar 2,021, perbandingan tersebut menunjukan (2,394> 2,021) berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh model cooperative learning tipe TGT terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Utara. Kata kunci: Hasil belajar, matematika, TGT.