PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 4 METRO BARAT

Main Author: AGIN FIFI SALWA, 1413053005
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32197/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32197/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32197/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32197/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Barat pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 63,96, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 57,08. Perbandingan nilai N-Gain kelas eksperimen dengan kontrol, yaitu 0,36 dengan 0,17. Hasil pengujian menggunakan rumus t-test pooled varins diperoleh data thitung = 2,414, sedangkan ttabel= 1,679. Hal tersebut menunjukkan ( thitung > ttabel), berarti Ha diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V. Kata kunci: Hasil Belajar , Matematika, Talking Stick.