PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 3 METRO PUSAT

Main Author: SUCI KEMALASARI, 1413053128
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32194/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32194/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32194/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32194/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran tipe Jigsaw dengan menggunakan media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 50 kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan lembar observasi. Pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran tipe jigsaw dengan menggunakan media gambar terhadap hasil belajar dengan pengaruh 0,7 kriteria sedang. Hasil Uji-t diperoleh data thitung sebesar 2,76 sedangkan ttabel sebesar 1,677, perbandingan tersebut menunjukkan (2,76 > 1,677) berarti Ha diterima. Kata kunci: hasil belajar, jigsaw, IPS