PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 3 METRO PUSAT

Main Author: SUNITA, 1413053131
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32123/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32123/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32123/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32123/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar PKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Data penelitian diperoleh dari preteset dan posttest, dengan instrumen yang digunakan angket untuk mengukur efektivitas pengaruh penerapan model problem based learning, dan soal pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t-test diperoleh nilai thitung > ttabel berarti Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri 3 Metro Pusat. Kata Kunci: hasil belajar, problem based learning, PKn.