PENGARUH PENGGUNAAN MODUL KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA PEMBELAJARAN HUKUM GRAVITASI NEWTON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Main Author: Adila Ayu Verlina, 1413022002
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32096/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32096/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32096/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32096/
Daftar Isi:
  • Melatih siswa dalam memahami konsep dapat dilakukan dengan menggunakan bahan ajar, salah satunya adalah modul kontekstual yang berbasis multirepresentasi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul kontekstual berbasis multirepresentasi pada pembelajaran Hukum Gravitasi Newton terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian dilakukan di SMAN 14 Bandar Lampung dengan desain Quassy Experimental Design dengan jenis pretest-posstest control grup design. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest. Data hasil penelitian diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sample T-test. Hasil uji N-gain yang telah dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata N-gain kelas yang menggunakan modul kontekstual berbasis multirepresentasi lebih tinggi, yaitu 0,75 dengan kategori tinggi dan untuk kelas yang menggunakan buku cetak ajar sekolah sebesar 0,58 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,050, yaitu 0,000 dan nilai –thitung < ttabel (-6,272 < 2,007) yang berarti terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep fisika antara siswa yang belajar menggunakan modul kontekstual berbasis multirepresentasi dengan yang menggunakan buku cetak ajar. Nilai pemahaman konsep siswa ditunjukkan dengan siswa lebih dominan paham konsep dengan persentase 64,66%, menebak 14,10%, miskonsepsi 7,14%, dan tidak paham konsep 14,10%. Kata kunci: Modul Kontekstual, Multirepresentasi, Pemahaman Konsep