PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 06 METRO BARAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: MILA LINDA SARI, 1413053070
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32090/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32090/9/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32090/10/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32090/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 06 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode problem solving terhadap hasil belajar matematika. Metode penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Teknik analisis data berupa data kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 74,1, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 67,5. Perbandingan nilai N-Gain kelas eksperimen 0,60 sedangkan kelas kontrol yaitu 0,40, selisih N-Gain kedua kelas tersebut sebesar 0,2. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sample t-test diperoleh data thitung sebesar 3.00 sedangkan ttabel = 2.00, perbandingan tersebut menunjukan (3.00 > 2.00) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 06 Metro Barat. Kata kunci: Hasil belajar, matematika, problem solving.