PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 METRO SELATAN

Main Author: WAYAN WIDASTRE , 1413053140
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/32023/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32023/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32023/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/32023/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Metro Selatan pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 44 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes bentuk pilihan jamak. Analisis data menggunakan uji statistik independent sample t-test data thitung sebesar 2,819 sedangkan ttabel sebesar 2,021 perbandingan tersebut menunjukan bahwa thitung > ttabel (2,819 > 2,021) berarti Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe scramble terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: Cooperative learning, scramble, hasil belajar, tematik.