PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 6 METRO BARAT

Main Author: AYU ERVITA, 1413053020
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/31958/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31958/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31958/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31958/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan the non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas V dengan jumlah 93 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus independent sampel t-test diperoleh data thitung sebesar 2,260 sedangkan ttabel sebesar 2,000, perbandingan tersebut menunjukan thitung > ttabel (2,260 > 2,000) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe the power of two terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Kata kunci: Hasil belajar, IPS, the power of two.