PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA
Main Author: | CAROLINE CLAUDIA ANGGINA NEFTYAN , 1413022012 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/31919/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/31919/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/31919/18/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/31919/ |
Daftar Isi:
- Proses belajar harus mampu menarik minat dan membuat siswa aktif dalam belajar, yang materi dapat diambil langsung melalui fenomena yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar fisika Hukum Newton tentang Gerak. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIA5 di SMA Negeri 14 Bandarlampung menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar kognitif. Data dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji N-Gain, dan Paired Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan pendekatan CTL dalam meningkatkan hasil belajar siswa Hukum Newton tentang Gerak, dengan nilai p berbeda signifikan pada tingkat kepercayaan 95% sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan pretest dan posttest dalam pembelajaran menggunakan pendekatan CTL. Skor N-Gain rata-rata adalah 0,73 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL memiliki pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar