STUDI PERBANDINGAN SOFT SKILL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM TERBUKA (OPEN ENDED) DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: YULIA ALFATINA, 1413031075
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/31840/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31840/9/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31840/10/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31840/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengkaji tentang perbandingan Soft Skill antara model pembelajaran Problem Terbuka (Open Ended) dan Probing Promting pada siswa kelas VII SMP Negeri 14 Bandar Lampung, Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan Soft Skill serta Efektivitas antara model pembelajaran menggunakan Open Ended dan Probing Promting. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengambilan data dengan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen. Hasil analisis data menunjukkan (1) Terdapat perbedaan rata-rata Soft skill antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Open Ended dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Probing Promting pada mata pelajaran IPS Terpadu. Perbedaan Soft skill siswa dapat terjadi karena adanya penggunaan model pembelajaran yang berbeda untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) Model Pembelajaran Probing Promting Lebih efektif dari pada model Open Ended dalam meningkatkan Soft Skill Siswa di kelas VII SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Kata kunci: Soft Skill, Problem Terbuka (Open Ended), Probing Promting.