EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN SELF CONFIDENCE SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 19 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018)

Main Author: NIA KURNIATI , 1413021048
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/31799/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31799/10/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31799/11/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31799/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan self confidence siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir reflektif dan hasil pengisian skala self confidence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan self confidence siswa. Kata kunci: kemampuan berpikir reflektif, pembelajaran berbasis masalah, self confidence.