EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN BELIEF SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018)
Main Author: | GUSTIARA TUAH PUTERI, 1413021029 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/31798/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/31798/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/31798/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/31798/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran discovery ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif dan belief siswa. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir reflektif dan hasil pengisian skala belief. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery efektif ditinjau dari kemampuan berpikir reflektif dan belief siswa. Kata kunci: belief, berpikir reflektif, efektivitas, model pembelajaran discovery.