EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI HUKUM NEWTON
Main Author: | Irmawati Ibnah Muthiāik, 1413022036 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/31757/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/31757/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/31757/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/31757/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan pembelajaran STEM terhadap self efficacy dan hasil belajar siswa pada materi Hukum Newton. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 yang berjumlah 22 siswa di SMA Global Madani Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experiment Design dengan tipe One Group Pretest-posttest. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata N-gain pada self efficacy dan hasil belajar siswa sebelum pembelajaran dan setelah pembelajaran menggunakan pendekatan STEM. Perolehan rata-rata N-gain pada self efficacy yaitu sebesar 0,38 dan perolehan rata-rata N-gain pada hasil belajar yaitu sebesar 0,54 dengan kategori peningkatan self efficacy dan hasil belajar sedang. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran STEM efektif untuk meningkatkan self efficacy dan hasil belajar siswa. Kata kunci: hasil belajar, hukum newton, pendekatan STEM, problem solving, self efficacy