EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semeter Genap SMPN 22 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018)

Main Author: Raisa Adira Syofitami, 1413021053
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/31730/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31730/19/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31730/20/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31730/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada materi Perbandingan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 11 kelas. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII G dan VII I yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) tidak efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, representasi matematis, think talk write