PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDN 1 SURABAYA BANDAR LAMPUNG

Main Author: NANANG SAPUTRO, 1413053081
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/31688/1/ABSTRAK%20INDONESIA%20DAN%20INGGRIS.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31688/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31688/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31688/
Daftar Isi:
  • The problem of this research was the students’ result of integrated thematic learning was still low. This research aims to find out the effect and difference of power point media implementation. The type of this research was experimental research which method quasi eksperimen. The design used was nonequivalent control group design. This research used probability sampling, with subject of research was students class IV A and IV B. The method of accumulation data in this research with instrument test and sheet of observation assessment student activity which used power point media implementation. The data analyzed by using t test and simple regression formula. The result of data analysis shows that there are significant differences and influence in the application of power point media that is equal to 58% toward the result of integrated thematic learning in the fourth grade students of SD Negeri 1 Surabaya in academic year 2017/2018. Key Words: integrated thematic learning, Power point media, result of learning process. Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar peserta didik di SD Negeri 1 Surabaya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penerapan media power point terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian menggunakan probability sampling dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV A dan IV B. Metode pengumpulan data yaitu instrumen tes dan lembar observasi aktivitas peserta didik dengan media power point. Analisis data dengan menggunakan rumus uji t dan regresi lenear sederhana. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan dan pengaruh yang signifikan dalam penerapan media power point yaitu sebesar 58% terhadap hasil belajar tematik terpadu pada peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Surabaya tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci: hasil belajar, media power point, pembelajaran tematik.