PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA PADA KELAS XI SMA NEGERI 2 GEDONG TATAAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: TARA MELA ANJASTUTI, 1113052041
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/31593/19/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31593/17/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31593/18/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31593/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah interaksi sosial rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan interaksi sosial siswa yang rendah menggunakan layanan konseling kelompok teknik role playing. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan one group pretest and posttest design. Subjek penelitian sebanyak 8 siswa yang memiliki kemampuan interaksi sosial rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil analisis data dengan uji Wilcoxon, dari hasil pretest dan posttest interaksi sosial menunjukkan bahwa z hitung = -2,521 dan z tabel = 1,645, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulannya adalah interaksi sosial dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok teknik role playing pada kelas XI SMA Negeri 2 Gedong Tataan tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Role Playing, dan Interaksi Sosial.