PENGEMBANGAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK INTERAKTIF BERBASIS LCDS PADA MATERI RADIASI BENDA HITAM SEBAGAI BAHAN AJAR MANDIRI UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA

Main Author: META DWI AYUNINGTIAS, 1413022045
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/31592/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31592/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31592/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31592/
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan buku sekolah elektronik interaktif berbasis LCDS pada materi radiasi benda hitam yang valid sebagai bahan ajar mandiri untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada siswa dan mengetahui keterbacaan dan kemudahan dioperasikan buku sekolah elektronik interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dan desain penelitian yang digunakan mengacu pada desain penelitian oleh Sugiyono. Untuk menganalisis data dilakukan uji validasi serta uji keterbacaan dan kemudahan dioperasikan. BSE materi radiasi benda hitam yang valid sebagai bahan ajar mandiri untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis memiliki konten penunjang yaitu, petunjuk penggunaan, petunjuk belajar, video, animasi, simulasi, dan tes interaktif. Telah dilakukan uji ahli produk yang terdiri dari uji ahli komponen isi dengan skor 3,36 (sangat layak) dan uji ahli desain dengan skor 3,45 (sangat layak). Keterbacaan buku sekolah elektronik interaktif berbasis LCDS pada materi radiasi benda hitam yang dikembangkan menurut siswa sudah baik dengan rerata skor 3,23. Sedangkan kemudahan dioperasikan buku sekolah elektronik interaktif yang dikembangkan menurut siswa sangat baik dengan rerata skor 3,28 sehingga dapat dioperasikan secara mandiri. Kata kunci: BSE, Interaktif, LCDS, Mandiri, Berpikir Kritis