PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SD NEGERI 6 METRO BARAT

Main Author: RIDHA SUTIARAHMAH, 1313053135
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/31437/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31437/19/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31437/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31437/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VC SD Negeri 6 Metro Barat yakni 11 orang siswa (42%) belum mencapai KKM yaitu 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi dan soal. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas VC SD Negeri 6 Metro Barat. Kata kunci: aktivitas, bahasa Indonesia, CIRC, hasil belajar