EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2017/2018)

Main Author: VERONICHA PANJAITAN, 1343021020
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/31300/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31300/20/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31300/19/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31300/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas discovery learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalalah posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model discovery learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, discovery learning, dan pemecahan masalah matematis siswa