EFEKTIVITAS STRATEGI REACT BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/ 2018)

Main Author: Riska Restiani, 1413021063
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/31174/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31174/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31174/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31174/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi REACT berbasis etnomatematika ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIC yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa strategi REACT tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis, namun pemahaman konsep siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada sebelum mengikuti pembelajaran dengan strategi REACT. Kata Kunci: Efektivitas, Etnomatematika, Pemahaman Konsep Matematis, , Strategi REACT,