PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VA SD NEGERI 1 BERINGIN RAYA BANDAR LAMPUNG

Main Author: Siska Yanti, 1413093041
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/31020/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31020/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31020/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/31020/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VA SD Negeri 1 Beringin Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VA SD Negeri 1 Beringin Raya dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VA SD Negeri 1 Beringin Raya Tahun Ajaran 2017/2018. Kata kunci: CTL, hasil belajar, IPS.