DESKRIPSI PERCAKAPAN KRITIS MATEMATIS SISWA DENGAN METODE SOCRATES DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018)

Main Author: M. Agung Dharma Himawan, 1413021040
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/30937/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30937/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30937/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30937/
Daftar Isi:
  • Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan kritis matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan metode Socrates saintifik. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Natar tahun pelajaran 2017/2018. Subjek terdiri dari dua siswa berkemampuan matematis tinggi, sedang, dan rendah yang dipilih secara acak berdasarkan nilai matematika. Data penelitian ini berupa data kualitatif tentang deskripsi percakapan berpikir kritis matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa percakapan kritis matematis siswa yang muncul: (a) difasilitasi oleh pertanyaan-pertanyaan Socrates yang diajukan oleh guru dan tipe pertanyaan Socrates yang dominan adalah klarifikasi dan asumsi-asumsi penyelidikan, (b) berkaitan dengan indikator kemampuan berpikir kritis yang didominasi oleh interpretasi dan analisis, (c) difasilitasi oleh tahapan saintifik yaitu mengomunikasikan, dan (d) kemunculan percakapan kritis matematis pada siswa berkemampuan matematis rendah berlangsung lebih lambat dibandingkan dengan siswa berkemampuan matematis tinggi dan sedang. Kata kunci: metode Socrates, pendekatan saintifik, percakapan kritis matematis