EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018)

Main Author: Diana Permatasari, 1443021003
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/30880/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30880/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30880/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30880/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan strategi REACT berbasis etnomatematika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan siswa kelas VIII-F sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan strategi REACT berbasis etnomatematika tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Strategi REACT berbasis etnomatematika, Efektivitas, Komunikasi Matematis.