MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SUMBER JAYA KECAMATAN JATI AGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: JUNIDA SARI , 1513069018
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/30871/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30871/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30871/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30871/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya Jati Agung Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dannon tes, teknik tes digunakan untuk mengumpulkan data nilai siswa dan mengetahui hasil belajar siswa. Sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa melalui observasi. Setelah dilakukan penelitian, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II secara signfikan. Berdasarkan indikator keberhasilan pada siklus I dan siklus II, dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri Sumber Jaya Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Kata Kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, metode demonstrasi