STUDI PERBANDINGAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) ANTARA SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL MIND MAP DAN TREFFINGER DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: HENING RAMADHANI , 1313031040
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/30524/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30524/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30524/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30524/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan Kecakapan Hidup (Life Skill) antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Mind Map dan Treffinger dengan memperhatikan kecerdasan spiritual. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPS SMA Negeri 14 Bandar Lampung yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 118 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Pengujian menggunakan analisis varian dua jalan dan t - test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukan: (1) Ada perbedaan kecakapan hidup (Life Skill) antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Mind Map dengan siswa yang menggunakan model pembelajran Treffinger pada mata pelajaran Ekonomi; (2) Kecakapan hidup (Life Skill) yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Mind Map lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger bagi siswa yang memiliki kecerdasan spiritual tinggi pada mata pelajaran Ekonomi; (3) Kecakapan hidup (Life Skill) yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Treffinger lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Map bagi siswa yang memiliki kecerdasan spiritual rendah pada mata pelajaran Ekonomi; dan (4) Ada interaksi antara model pembelajaran Mind Map dan Treffinger dengan kecerdasan spiritual terhadap Life Skill. Kata kunci: Life Skill, Kecerdasan Spiritual, Mind Map, dan Treffinger ABSTRACT This research was to find coparsion of Life Skill comparison between students taught using Mind Map and Treffinger learning model by observing spiritual quotient. The method used is a quasi-experimental method. The study population is all students of class X IPS SMA Negeri 14 Bandar Lampung consisting of 4 classes as many as 118 students. Sampling was done by cluster random sampling technique obtained by the number of sample were 60 students. The test used a two-way variance analysis and an independent two-sample t-test. The results of the study show: (1) There is a difference in Life Skill between students whose learning uses Mind Map learning model with students using Treffinger learning model in Economics subject; (2) Life Skill learning using Mind Map learning model is more effective than using the Treffinger learning model for students who have high spiritual quotient on Economic subjects; (3) Life Skill whose learning using Treffinger learning model is more effective than using Mind Map learning model for students who have low spiritual quotient on Economic subjects; and (4) There is an interaction between the learning model of Mind Map and Treffinger with spiritual quotient to Life Skill. Keywords: Life Skill, Spiritual Quotient, Mind Map, dan Treffinger