PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN MENDRIBLLING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA KELAS XI SMA NEGERI 2 GADINGREJO TAHUN 2016/2017

Main Author: BAGUS SURYO LAKSONO, 1313051019
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/30349/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30349/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30349/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/30349/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam mendribling bola dalam permainan sepak bola. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh latihan model pembelajaran kooperatif jigsaw dan team game tournament (TGT) terhadap kemampuan driblling dalam permainan sepak bola kelas XI SMA Negeri 2 Gadingrejo tahun 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen komparatif dengan desain penelitian pre test, ordinal pairing, treatment dan post test. Populasi penelitian sebanyak 203 siswa dan diambil untuk sampel sebanyak 40 siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes zigzag run with the ball. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh signifikan model pembelajaran tipe jigsaw terhadap kemampuan mendribling bola dalam permainan sepak bola. (2) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran TGT terhadap kemampuan mendribling bola dalam permainan sepak bola. (3) Sedangkan uji-t antara kelompok Jigsaw dan TGT ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif Jigsaw dan TGT. Kata kunci : dribbling, kooperatif jigsaw, permainan sepakbola, TGT.