ctrlnum 3025
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS&#xD; VIII DI SMP NEGERI 1 PUNGGUR LAMPUNG TENGAH&#xD; TAHUN PELAJARAN 2013/2014</title><creator>Nanda Ardiyanta, 0913052050</creator><subject>A General Works = Karya Karya Umum</subject><description>Masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki konsep diri positif. Permasalahan penelitian ini &#x201C;apakah konsep diri positif dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok&#x201D;. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian sebanyak enam siswa yang memiliki konsep diri negatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala konsep diri.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri positif pada siswa dapat ditingkatkan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, terbukti dari hasil analisis data pretest dan posttest menggunakan uji Wilcoxon zhitung = -2,201 &lt; ztabel 0,05 = 0, maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara konsep diri sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok.&#xD; Kesimpulan dalam penelitian ini konsep diri positif dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2013/2014.&#xD; Saran yang dapat diberikan (1) kepada siswa, hendaknya mengikuti layanan bimbingan kelompok jika mengalami kesulitan dalam meningkatkan konsep diri positif di dalam dirinya, (2) kepada guru, hendaknya dapat membantu siswa meningkatkan konsep diri positif dengan layanan bimbingan kelompok, dan (3) kepada para peneliti, untuk dapat melakukan penelitian mengenai konsep diri dan bimbingan kelompok dengan subjek yang berbeda.&#xD; &#xD; Kata kunci : konsep diri, layanan bimbingan kelompok, bimbingan konseling</description><publisher>FKIP</publisher><date>2014-07-02</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/2/COVER%20DALAM.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/3/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/4/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/6/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/7/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/8/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/9/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/10/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/11/DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/3025/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nanda Ardiyanta, 0913052050 (2014) MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PUNGGUR LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FKIP, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/3025/</relation><recordID>3025</recordID></dc>
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author Nanda Ardiyanta, 0913052050
title MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PUNGGUR LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014
publisher FKIP
publishDate 2014
isbn 9780913052051
topic A General Works = Karya Karya Umum
url http://digilib.unila.ac.id/3025/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/2/COVER%20DALAM.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/3/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/4/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/6/BAB%20I.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/7/BAB%20II.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/8/BAB%20III.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/9/BAB%20IV.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/10/BAB%20V.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/11/DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unila.ac.id/3025/
contents Masalah dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki konsep diri positif. Permasalahan penelitian ini “apakah konsep diri positif dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan konsep diri positif melalui layanan bimbingan kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian sebanyak enam siswa yang memiliki konsep diri negatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala konsep diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri positif pada siswa dapat ditingkatkan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, terbukti dari hasil analisis data pretest dan posttest menggunakan uji Wilcoxon zhitung = -2,201 < ztabel 0,05 = 0, maka Ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara konsep diri sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. Kesimpulan dalam penelitian ini konsep diri positif dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran yang dapat diberikan (1) kepada siswa, hendaknya mengikuti layanan bimbingan kelompok jika mengalami kesulitan dalam meningkatkan konsep diri positif di dalam dirinya, (2) kepada guru, hendaknya dapat membantu siswa meningkatkan konsep diri positif dengan layanan bimbingan kelompok, dan (3) kepada para peneliti, untuk dapat melakukan penelitian mengenai konsep diri dan bimbingan kelompok dengan subjek yang berbeda. Kata kunci : konsep diri, layanan bimbingan kelompok, bimbingan konseling
id IOS4198.3025
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2017-04-20T08:06:47Z
last_indexed 2017-04-20T08:06:47Z
recordtype dc
_version_ 1686096533106196480
score 17.538404