PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK TEMATIK DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV

Main Author: MERYNA PUTRI UTAMI, 1423053046
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/29947/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29947/11/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29947/12/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29947/
ctrlnum 29947
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title>PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK TEMATIK DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN&#xD; KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK &#xD; SEKOLAH DASAR KELAS IV</title><creator>MERYNA PUTRI UTAMI, 1423053046</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan produk pengembangan lembar kegiatan peserta didik tematik dengan model inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar kelas IV. Metode penelitian menggunakan Research and Development. Alat pengumpulan data menggunakan test dan non test. Populasi penelitian sebanyak 256 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik area random sampling sebanyak 71 siswa. Tempat penelitian di SD Negeri 01 Sukamaju. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terwujudnya LKPD tematik dengan model inkuiri efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,436 kategori sedang, dan kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan sebesar 0.8. dengan rerata 3.88 dengan kategori kritis.&#xD; &#xD; &#xD; Kata kunci: lkpd, model inkuiri, berpikir kritis &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; &#xD; abstract&#xD; &#xD; This study aims were to know the affectiveness of the development produk which is the students&#x2019; thematic work sheet with Inquiry model to increase students&#x2019; learning outcomes and critical thinking at elementary school grade IV. This research model uses Research and Development. Data collection tools use test and non test. The number of population were 256 students. Sampling was done by area random sampling technique as many as 71 students. Place of study in SD Negeri 01 Sukamaju. Data were analyzed using N-Gain test. The result of the research shows that the development of tematic students&#x2019; work sheet with inquiry model effectively increase the students&#x2019; learning outcomes and critical thinking skill with N-Gain increase of 0.436 medium category, and critical thinking skill increased by 0.8 with average of 3.88 with critic category.&#xD; &#xD; &#xD; Keywords: work sheet, inquiry model, critical thinking</description><date>2018-01-05</date><type>Thesis:Masters</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/29947/1/ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/29947/11/TESIS%20FULL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><identifier>http://digilib.unila.ac.id/29947/12/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf</identifier><identifier> MERYNA PUTRI UTAMI, 1423053046 (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK TEMATIK DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV. Masters thesis, Universitas Lampung. </identifier><relation>http://digilib.unila.ac.id/29947/</relation><recordID>29947</recordID></dc>
format Thesis:Masters
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Report:Report
Report
author MERYNA PUTRI UTAMI, 1423053046
title PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK TEMATIK DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR KELAS IV
publishDate 2018
isbn 9781423053040
topic LB1501 Primary Education
url http://digilib.unila.ac.id/29947/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29947/11/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29947/12/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29947/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan produk pengembangan lembar kegiatan peserta didik tematik dengan model inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar kelas IV. Metode penelitian menggunakan Research and Development. Alat pengumpulan data menggunakan test dan non test. Populasi penelitian sebanyak 256 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik area random sampling sebanyak 71 siswa. Tempat penelitian di SD Negeri 01 Sukamaju. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terwujudnya LKPD tematik dengan model inkuiri efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dengan peningkatan N-Gain sebesar 0,436 kategori sedang, dan kemampuan berpikir kritis mengalami peningkatan sebesar 0.8. dengan rerata 3.88 dengan kategori kritis. Kata kunci: lkpd, model inkuiri, berpikir kritis abstract This study aims were to know the affectiveness of the development produk which is the students’ thematic work sheet with Inquiry model to increase students’ learning outcomes and critical thinking at elementary school grade IV. This research model uses Research and Development. Data collection tools use test and non test. The number of population were 256 students. Sampling was done by area random sampling technique as many as 71 students. Place of study in SD Negeri 01 Sukamaju. Data were analyzed using N-Gain test. The result of the research shows that the development of tematic students’ work sheet with inquiry model effectively increase the students’ learning outcomes and critical thinking skill with N-Gain increase of 0.436 medium category, and critical thinking skill increased by 0.8 with average of 3.88 with critic category. Keywords: work sheet, inquiry model, critical thinking
id IOS4198.29947
institution Universitas Lampung
institution_id 43
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lampung
library_id 537
collection Digital Repository Unila
repository_id 4198
subject_area Miscellany of Technology and Applied Sciences/Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
Research of Social Science/Metode Riset Penelitian Ilmu Sosial, Statistik Ilmu Sosial
Agriculture/Industri Pertanian
Econmics/Ilmu Ekonomi
city KOTA BANDAR LAMPUNG
province LAMPUNG
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4198
first_indexed 2018-02-01T02:52:33Z
last_indexed 2018-02-01T02:52:33Z
recordtype dc
_version_ 1686096900726456320
score 17.538404