HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 METRO UTARA

Main Author: MELLIN SEPTIYANI , 1343053026
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/29529/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29529/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29529/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29529/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara yang rendah dan kurangnya sikap disiplin pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitin korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Metro Utara Tahun Ajaran 2016/2017 dengn jumlah 59 siswa yang sekaligus menjadi sampel keseluruhan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah disiplin belajar (X) sedangkan variabel terikat dalah prestasi beljar (Y). Teknik analisis data menggunakan product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada hubungan yang luas antara disiplin belajar dengan prestasi belajar. Kata Kunci: disiplin belajar, prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.