PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DEVISIONS TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 5 MERAK BATIN KECAMATAN NATAR

Main Author: Dwi Askha Nuryanto, 1343053010
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/29477/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29477/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29477/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29477/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan dan pengaruh aktivitas pembelajaran Kooperatife Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control group desain. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 5 Merak Batin sebanyak 71 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Data di analisis dengan mengunakan rumus uji t-test dan regresi sederhana. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPS menggunakan pembelajaran Kooperatife Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan pembelajaran dengan metode ceramah, serta ada pengaruh yang signifikan pembelajaran Kooperatife Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 5 Merak Batin. Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar IPS, student teams achievement divisions (STAD).