PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD N 1 METRO TIMUR
Main Author: | ADE KURNIAWAN, 1313053004 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/29440/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/29440/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/29440/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/29440/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas V SD N 1 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaa model pembelajaran pair check terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN 1 Metro Timur. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 49 siswa, terdiri dari 24 siswa VA sebagai kelompok eksperimen dan 25 siswa VB sebagai kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian ini adalah quasi exsperimental. Alat pengumpul data berupa soal tes kognitif yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitas dengan bantuan program Microsoft Excel 2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas V A adalah 78,5, sedangkan nilai rata-rata kelas V B adalah 72,7. Hasil pehitungan uji hipotesis menunjukan nilai sig (2-tailed) 0,026, (0,026 < 0,05) sehingga H0 ditolak. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa model pembelajaran pair check dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga dapat dikethaui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model pembelajaran pair check terhadap hasil belajar PKn siswa. Kata kunci: hasil belajar, pair check, PKn.