EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2016/2017)

Main Author: AZIZAH ARUM PUSPANINGTIAS , 1313021014
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/29275/19/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29275/20/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29275/21/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29275/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Punggur tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Instrumen penelitian ini adalah instrumen tes pemahaman konsep matematis. Analisis data penelitian ini menggunakan uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t’ dan uji proporsi satu pihak. Berdasarkan hasil penelitian, model discovery learning tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: model discovery learning, efektivitas, pemahaman konsep matematis