UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Plus Nurul Islam Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017)

Main Author: NURBAITI, 1313061004
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/29195/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29195/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29195/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29195/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan satu kali tes akhir. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas VII SMP Plus Nurul Islam Sumber Jaya, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data penelitian adalah tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: kooperatif, pemahaman konsep matematis, student teams achievment division