PENINGKATAN PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN KONSELING RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) (Studi Kasus Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018)

Main Author: SISKA WIYASA OKTORA, 1313052054
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/29132/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29132/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29132/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/29132/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah percaya diri siswa dalam belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan percaya diri dalam belajar menggunakan konseling rational emotive behavior therapy pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa yang memiliki percaya diri dalam belajar rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala percaya diri dalam belajar dan wawancara konseling. Analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian konseling menunjukkan bahwa peningkatan percaya diri dalam belajar menggunakan konseling rational emotive behavior therapy (rebt) dapat digunakan pada siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perubahan ketiga subjek setelah pelaksanaan konseling dilakukan, seperti siswa lebih percaya diri lagi untuk mengungkapkan pendapatnya dalam proses pembelajaran, yakin pada kemampuan yang dimiliki, tidak lagi merasa takut gagal dalam menjawab soal yang diberikan guru. Simpulan penelitian ini adalah konseling rational emotive behavior therapy (rebt) dapat digunakan untuk meningkatkan percaya diri dalam belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Kata kunci : bimbingan dan konseling, REBT, percaya diri dalam belajar.