PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIS
Main Author: | NURLIA FITRIANA, 1313022051 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/28827/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/28827/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/28827/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/28827/ |
Daftar Isi:
- Rendahnya hasil belajar fisika disebabkan kurangnya keterampilan proses yang dilatihkan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran problem based learning memberikan pengalaman belajar dengan melibatkan peserta didik untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik. Desain yang digunakan dalam penelitian ini ialah the non equivalent control group design dengan sample penelitian siswa-siswi kelas X MIPA SMA N 2 Pringsewu yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini diperoleh dari data penguasaan konsep dan keterampilan berkomunikasi sains yang berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik pada kelas eksperimen dilihat dari hasil uji hipotesis independent sample t-test dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,00 yang kurang dari 0,05. Hasil N-gain hasil belajar yaitu 0,59 lebih tinggi peningkatannya dibandingkan kelas kontrol dengan N-gain 0,30. Kata kunci: Hasil belajar, Model pembelajaran, Problem Based Learning.