PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI LAJU REAKSI

Main Author: Nisa Ul Fitri, 1313023059
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/28808/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28808/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28808/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28808/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan validitas instrumen asesmen berbasis keterampilan berpikir kreatif pada materi laju reaksi. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang dilakukan dari tahap penelitian dan pengumpulan informasi sampai tahap revisi produk hasil uji coba. Subjek dalam penelitian ini adalah instrumen asesmen berbasis keterampilan berpikir kreatif pada materi laju reaksi, berupa soal uraian yang terdiri dari 9 soal dan dirancang untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif siswa yang meliputi keterampilan berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, dan berpikir elaborasi. Uji coba lapangan awal dilakukan kepada 4 orang guru kimia dan 20 siswa kelas XI IPA 1 di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa instrumen asesmen ini dikatakan sangat baik berdasarkan hasil penilaian validator pada aspek kesesuaian isi dengan persentase sebesar 95,83%, aspek konstruksi sebesar 91,67%, dan aspek keterbacaan sebesar 100%. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan bahwa persentase tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi sebesar 97,91%, aspek konstruksi sebesar 100%, dan aspek keterbacaan sebesar 100%, serta persentase respon siswa pada aspek keterbacaan sebesar 95% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen berbasis keterampilan berpikir kreatif pada materi laju reaksi yang dikembangkan adalah valid atau layak untuk digunakan. Kata kunci: instrumen asesmen, keterampilan berpikir kreatif, laju reaksi