PENGEMBANGAN LKPD BERORIENTASI SCIENTIFIC LITERACY UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI OPTIK
Main Author: | Abi Aziz Wahyu Zakaria, 1313022001 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/28804/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/28804/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/28804/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/28804/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD yang menarik, mudah, dan bermanfaat serta efektif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMA N 1 Bandar Sribhawono. Penelitian ini dilakukan menggunakan Pre- Eskperimental Design dengan tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisi N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan Independent Sample T-test. Hasil dari uji nilai Independent Sample T-test nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan LKPD berorientasi scientific literacy terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Berdasarkan nilai N-gain, rata-rata N-gain kemampuan berpikir kreatif pada kelas eskperimen sebesar 0,48 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,20 dengan kategori rendah. LKPD berorientasi scientific literacy mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: LKPD, Scientific Literacy, Kemampuan Berpikir Kreatif