PENGEMBANGAN PERANGKAT BLENDED LEARNING BERBASIS LMS DENGAN PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

Main Author: Vita Nurhayati, 1313022081
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/28763/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28763/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28763/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28763/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat blended learning berbasis LMS menggunakan Schoology dengan pendekatan ilmiah pada materi fluida dinamis, Uji kevalidan hasil produk dilakukan oleh dua orang ahli fisika dan uji kepraktisan dilakukan oleh tiga orang guru fisika SMA dari SMA yang berbeda. Hasil uji validasi ahli terhadap produk yang dilakukan oleh ahli pertama dan kedua memperoleh persentase kelayakan berturut-turut adalah 87,90% dan 81,39% pada perangkat yang dikembangkan sehingga memperoleh kualitas “sangat valid” dengan rekomendasi “layak digunakan”. Hasil uji kepraktisan produk dengan skor dari guru fisika SMA N 1 Natar sebesar 96,67%, skor dari guru fisika SMA N 1 Waway Karya sebesar 80% dan skor dari guru fisika SMA Tri Sukses Natar 76,67%, sehingga diperoleh skor rata-rata dari ketiga guru tersebut sebesar 84,44% dengan kualitas “sangat baik”. Kata kunci : Blended Learning, Fluida dinamis, LMS, pendekatan ilmiah.