PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV B SD NEGERI 10 METRO PUSAT
Main Author: | SAHDI SAPUTRA, 1313053151 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/28505/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/28505/19/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/28505/20/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/28505/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas IV B SD Negeri 10 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative learning tipe make a match di kelas IV B SD Negeri 10 Metro Pusat. Jenis peneletian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran IPS kelas IV B SD Negeri 10 Metro Pusat dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan kategori keberhasilan “sedang”, pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori “tinggi”. Sementara itu hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada setiap siklusnya. Pada siklus I hasil belajar siswa dengan kategori “tinggi”, pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan kategori “sangat tinggi”. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, make a match