EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 13 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Main Author: Risda Mawartika, 1313021072
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/28272/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28272/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28272/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28272/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas Problem Based Learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah 63 siswa kelas VIII di SMP Negeri 13 Bandarlampung yang terdistribusi dalam dua kelas. Seluruh populasi tersebut dijadikan sebagai sampel atau disebut dengan total sampling. Penelitian ini menggunakan desain randomized posttest-only control group design. Data penelitian berupa data kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil uji kesamaan dua rata-rata diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari pembelajaran konvensional akan tetapi persentase siswa yang memiliki kemampuan komunikasi baik pada Problem Based Learning tidak mencapai 60%. Dengan demikian pembelajaran Problem Based Learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Problem Based Learning, efektivitas, kemampuan komunikasi matematis.