PENGARUH PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 METRO BARAT

Main Author: RATIH SEPTIA NINGRUM, 1313053127
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/28215/1/2.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28215/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28215/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28215/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara signifikan penerapan model quantum teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu non equivalent control group design. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVC sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh thitung = 2,50 > ttabel= 2,00, artinya Ha diterima. Berarti ada pengaruh secara signifikan penerapan model quantum teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 06 Metro Barat. Kata kunci: hasil belajar, matematika, quantum teaching.