PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING DALAM MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI REAKSI REDOKS

Main Author: SITI NUR SETIATUN , 1313023075
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/28171/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28171/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28171/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28171/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian yang dilakukan di SMAN 10 Bandarlampung ini bertujuan untuk men-deskripsikan pengaruh strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa ke-las X pada materi reaksi redoks. Penelitian ini menggunakan metode kuasi ekspe-rimen dengan pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh kelas X MIA. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh kelas X MIA 7 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran SiMaYang dan X MIA 8 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang. Pengaruh strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-gain dan uji effect size terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan dua rata-rata n-gain keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol dengan kriteria n-gain pada kelas eksperimen tinggi dan kelas kontrol sedang. Hasil pengujian effect size menunjukkan bahwa 96% peningkatan keterampilan proses sains dan 96% peningkatan penguasaan konsep siswa dipengaruhi oleh strategi scaffolding. Strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa dengan pengaruh besar. Kata kunci: keterampilan proses sains, model pembelajaran SiMaYang, penguasaan konsep, strategi scaffolding.