PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 6 GEDUNG AIR BANDAR LAMPUNG
Main Author: | YOSI FERA, 1343053042 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/28165/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/28165/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/28165/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/28165/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan dan pengaruh pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent kontrol grub desain. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 6 Gedung Air sebanyak 62 siswa. Instrumen utama yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data di analisis dengan mengunakan rumus uji t-test dan regresi sederhana. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPS megunakan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan pembelajaran Langsung serta ada pengaruh yang signifikan aktivitas pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 6 Gedung Air Bandar Lampung. Kata Kunci : Hasil belajar, IPS, Jigsaw ABSTRACT Problems in this research is still low student learning result of social Sciences.This study aims to find out the differences and the influence of Cooperative Type Jigsaw learning on the students' social Sciences outcomes. This research is an experimental research using design nonequivalent control grub design. The population and samples of this study is all students of class IV primary school state 06 Gedung Air as many as 62 students. The main instruments used are tests and observation sheets. Data were analyzed by using simple t-test and regression test formula. Based on hypothesis testing can be concluded there are differences in social Sciences learning outcomes using Cooperative Type Jigsaw and Direct learning and there is a significant influence of Cooperative Type Jigsaw learning on social Sciences learning outcomes of fourth grade students of primary school state 06 Gedung Air Bandar Lampung. Keywords : Learning outcomes, IPS, Jigsaw