STUDI PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DAN PROBING PROMPTING DENGAN MEMPERHATIKAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT (FD) DAN FIELD INDEPENDENT (FI) SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH TP 2016/2017

Main Author: Devita Anggraeni, 1313031025
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/28149/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28149/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28149/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28149/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa serta mengkaji tentang kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) dan Probing Prompting dengan memperhatikan gaya kognitif siswa pada mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sendang Agung Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas kemampuan berpikir kritis dengan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan Probing Prompting dengan memperhatikan gaya kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif.Desain penelitian yang digunakan Faktorial 2x2. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI IPS dengan sampel sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan metode cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan melalui lembar observasi. Penelitian ini menggunakan uji t-Test, dan Analisis Varians Dua Jalan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwaada perbedaan kemampuan bepikir kritis dan ada interaksi penggunaan model pembelajarantipe PBI dan PP dengan memperhatikan gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) siswa. Kata kunci: Gaya Kognitif,Kemampuan Berpikir Kritis, PBI, PP