HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR

Main Author: MUSNIYATI SAKINAH, 1313053105
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/28130/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28130/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28130/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/28130/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah profesionalisme guru dan rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 10 Metro Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh manakah hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 42 orang siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Sampel diambil berdasarkan teknik Nonprobability. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai koefisien korelasi rhitung 0,653 dan nilai rtabel 0,304 maka rhitung>rtabel. Nilai koefisien determinasi ditunjukkan oleh angka r square atau yang merupakan hasil kuadrat dari nilai korelasi, yaitu 0,6532 = 0,426. Kontribusi profesionalisme guru dengan hasil belajar matematika siswa adalah sebesar 42,6% dan sisanya 57,4% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Kata kunci: hasil belajar, matematika, profesionalisme guru.