HUBUNGAN PROFESIONALISME GURU DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR
Main Author: | MUSNIYATI SAKINAH, 1313053105 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/28130/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/28130/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/28130/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/28130/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah profesionalisme guru dan rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 10 Metro Timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh manakah hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 42 orang siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Sampel diambil berdasarkan teknik Nonprobability. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai koefisien korelasi rhitung 0,653 dan nilai rtabel 0,304 maka rhitung>rtabel. Nilai koefisien determinasi ditunjukkan oleh angka r square atau yang merupakan hasil kuadrat dari nilai korelasi, yaitu 0,6532 = 0,426. Kontribusi profesionalisme guru dengan hasil belajar matematika siswa adalah sebesar 42,6% dan sisanya 57,4% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara profesionalisme guru dengan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Kata kunci: hasil belajar, matematika, profesionalisme guru.